Puisi: Bolehkah aku tak jadi apa-apa?


Bolehkah aku pensiun mengajar?
Jika kau jadi penguasa lalim dan kurang-ajar?

Bolehkah aku tak lagi mendidik?
Jika kau jadi pemimpin saling mencela dan menghardik?

Bolehkah aku tak lagi memberi nasihat?
Jika akhirnya kau menjadi culas dan jahat?

Bolehkah aku berhenti menjadi Ayah?
Jika dihargai hanya penyuplai nafkah?

Bolehkah aku usaikan menjadi Ibu?
Jika kata durhaka tak lagi mampu,
Bahkan surga ditelapak kaki ibu hanya angin lalu?

Bolehkan semua orang tak lagi menjadi guru?
Jika kewenangan, cara kekuasaan dan kekayaan adalah satu-satunya pengaruh?

Bolehkah aku berhenti untuk berharap?
Segalanya menjadi sia-sia.

Bolehlah aku tak jadi apa-apa dan siapa-siapa?
Jika Tuhan bertanya, aku tak punya beban dosa-dosa.

Lanta Mantika, 11 Juni 2019.

Komentar